Thursday 7 November 2013

Pesta Rakyat arak hasil bumi

Rabu (6/11) warga Desa Wisata Siwarak menggelar acara  ruwat desa dengan mengadakan arak-arakan keliling desa sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Arak-arakan dengan membawa hasil bumi ini di iringi tari-tarian dan rebana. Di mulai dari dusun krete para warga berjalan kaki membawa hasil bumi sebelum sampai di balai desa untuk kemudian hasil bumi itu di doakan dan di berkahi.
Ritual seperti ini di percaya warga membawa berkah terutama para petani.

Acara seperti ini  menjadi momentum yang dinantikan masyarakat meskipun baru pertama kali digelar. Acara yang digelar dalam menyambut pergantian tahun baru Islam mendapat antusias yang sangat tinggi dari seluruh lapisan masyarakat. Rencananya acara seperti ini juga  akan diadakan  di tahun-tahun berikutnya.
Sebagai bentuk kepedulian pemerintahan desa malam harinya juga di adakan pengajian, santunan anak yatim  di lanjut pagelaran wayang golek semalam suntuk.

Untuk kedepannya acara seperti ini juga di harapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Siwarak .Selain wisatawan mengunjungi Obyek Wisata Gua lawa wisatawan juga bisa ikut menyaksikan acara acara seperti ini.

No comments:

Post a Comment

Follow Us @desa_wisata_siwarak