Wednesday 25 November 2015

Nanas Batu Siwarak Tembus Pasar Nasional

Panen Nanas
Desa Wisata Siwarak - Nanas Batu dari Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga Jawa Tengah menembus pasar nasional dan memasok jaringan ritel besar di Jakarta dan sejumlah pasar di Pulau Jawa.

Salah satu kelompok tani "Sipetung Jaya" Desa Siwarak, Dirin mengatakan " kelompok taninya berhasil menembus jaringan ritel  carefour di Jakarta dan memasok sejumlah pasar di kota besar lainnya. Nanas batu dari siwarak ukurannya lebih besar dan lebih manis, ujarnya setengah berpromosi.

Ia mengaku semenjak pengenalan nanas batu kepada masyarakat telah digalakkan oleh pemerintah desa untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan penghasilan masyarakat, kelompok taninya jadi lebih giat dan menyediakan lahannya untuk menanam buah nanas. '"Udara yang sejuk dan lahan yang subur membuat masyarakat tertarik untuk ikut mengembangkan nanas batu. Hasilnya juga lebih baik bila dibandingkan menjadi buruh atau saat mereka merantau. Sudah tujuh tahun pengembangan nanas ini,'' katanya.

Luas lahan yang dulunya sekitar 25 hektare untuk di tanami nanas batu , sekarang meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dengan naiknya jumlah minat masyarakat untuk menanam nanas batu.Pembukaan lahan pertanian nanas ini juga sudah terbukti mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. 

Dukungan pemerintah desa siwarak tak hanya di sektor pertanian dan sektor peternakan. Di sektor pariwisata pun mendapat sorotan dan perhatian khusus. Semenjak di bukanya paket pendakian ke bukit njelir dan bukit kelir oleh Pokdarwis(Kelompok Sadar Wisata) "Lawa Mandiri" yang mulai di kenal masyarakat luas, kini di Alur Sipetung juga mulai di bangun Rest Area yang di fasilitasi Camping Ground, Area Bermain dan Gardu Pandang.

Rest Area Alur Sipetung berada di selatan obyek wisata gualawa dengan view perbukitan yang masih hijau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.  Disepanjang jalan menuju rest area adalah hamparan kebun nanas. Dengan di bangunnya Rest Area ini diharapkan bisa menambah penghasilan petani nanas yang berada di sepanjang jalan menuju rest area.
Desa Wisata Siwarak Desa Wisata Siwarak Desa Wisata Siwarak Pembuatan Gardu Pandang Jalan menuju Rest Area Kerja Bakti

6 comments:

  1. Saya baru tau kalau produsen nanas salah satunya dari Purbalingga. Secara nanas juga banyak jenisnya dan nama macamnya yang seringkali punya ciri khas masing-masing.

    Kalau dilihat dari lokasi pada gambar ternyata daerah pegunungan ya mas?

    ReplyDelete
  2. Pak Muhammad Adam Hussein, SPd, CM

    Ya betul pak,, ini di daerah pegunungan,, klo njenengan tau Obyek Wisata Gualawa juga masuk Desa Wisata Siwarak yg jd sentra kebun nanas batu

    ReplyDelete
  3. nanas batu manis banget, pengin neh bisa kunjung kesana

    ReplyDelete
  4. @wong crewchild : silakan mas bro,, di tunggu kunjungannya. banyak jg lho potensi wisata yg ada disini yg layak utk Anda jelajahi selain mncicipi nanas batu

    ReplyDelete
  5. sy blm pernah nyoba bagaimana rasanya nanas batu! jadi penasaran nih

    ReplyDelete
  6. Silakan berkunjung ke Desa Wisata Siwarak maz @Dzaky ,, utk nanas batu rasa lebih manis

    ReplyDelete

Follow Us @desa_wisata_siwarak